Pages

Subscribe:

Rabu, 17 Februari 2010

Teknologi Game

Pengertian Game

Apa itu “permainan game”? Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.

Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan sebuah perangkat seperti komputer beserta perangkat lainnya untuk dapat bermain permainan yang kita inginkan tersebut. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan.

Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.

Menurut Alan Shiu Ho Kwan (2000), setidaknya ada enam faktor yang melatari seseorang bermain games : adanya tawaran kebebasan, keberagaman pilihan, daya tarik elemen-elemen gam, antarmuka (interface), tantangan dan aksesibilitasnya.



Sejarah Game di dunia

Sejarah game yang sekarang ini kian lama kian berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring dengan laju perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games. Berikut ini merupak sejarah perkembangan game dari generasi ke generasi :


1. Game generasi pertama

Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S, Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).

Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.

Tapi, game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.


2. Game generasi kedua

Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre Arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.

Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.

Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.

Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.


3. Game generasi ketiga

Pada generasi ini ada sebuah konsole game baru yang bernama Sega Mega Drive yang merupakan generasi ke tiga dari dunia game, sega menggunakan 16 bit dan dirilis pada tahun 1988. Jika konsole sebelumnya, yaitu nintendo dikenal dengan super mario brossnya, disini sega juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan game sonic the hedhog.


4. Game generasi keempat

Dalam generasi keempat ini produksi game semakin menjamur dan berkembang pesat. Dan pada generasi ini lahirlah teknologi game dengan nama Playstation merupakan salah satu game konsole dengan menggunakan 32 bit.


5. Game generasi kelima

Pada Genenrasi ini Playstation semakin berkembang dalam melakukan produksi jenis game lainnya yang lebih baik dan lebih mutakhir dengan mengeluarkan konsole game PS2. Akan tetapi, pada generasi ini terdapat banyak sekali saingan-saingan dari PS2 antara lain XBox, sega Saturn, Dreamcast, dan masih banyak lagi.


6. Game generasi sekarang

Pada saat sekarang ini sudah banyak sekali konsole game mulai menjamur di dunia dan masih terus mengembangkan sistemnya dengan mengeluarkan antara lain dengan mengeluarkan game konsole PS3, dan Xbox pun juga tdak mau ketinggalan juga mengeluarkan XBOX 360. Kemudian nintendo juga mengeluarkan WII.

Dapat kita lihat mulai dari generasi pertama hingga sampai generasi sekarang ini perkembangan dari game sangatlah cepat berkembang pesat. Dan pada saat sekarang ini pun telah dibuat sebuah game simulasi, atau yang kita kenal dengan Game Online.



Klasifikasi Game

Dalam sebuah game juga terdapat beberapa klasifikasi yaitu sebagai berikut :


1. Advergaming

Di lihat dari namanya game adalah sebuah game (permainan), sedangkan adver di ambil dari istilah advertising (periklanan), jadi advergame merupakan permainan yang di gunakan untuk mempromosikan suatu brand atau produk tertentu. di sini saya ambil contoh sebuah minuman bersoda P*psi yang membuat sebuah game dengan tema Pepsiman.


2. Edutainment

Merupaka klasifikasi kedua sebuah game yang mana game yang termasuk dalam klasifiasi ini merupakan game yang berbasis education entertainment, yaitu game yang memiliki unsur pendidikan juga entertain. Edutainment game ini biasanya di tujukan untuk anak-anak sebagai sarana belajar, agar anak-anak lebih tertarik untuk belajar karena di dalamnya terdapat unsur permainannya yang memang di sukai anak-anak.


3. Game-Based Learning

Game-Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan Game-Based Learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-Based Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena tiga alasan berikut ini :

a. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semakin motivasi siswa untuk belajar.

b. Kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game juga dapat menambahkan komponen motivasi pada siswa.

c. Umpan balik yang cepat dan spesifik memberikan kemudahan bagi siswa untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya.


Tapi memang ada dampak buruk yang bisa jadi timbul, di antaranya :

a. Adanya anggapan bahwa ini hanya sekedar permainan/game.

b. Jika anda kalah dalam game ini tinggal mencoba lagi dengan memulainya dari awal.

c. Memainkan game tanpa menikmati alur yang sudah disiapkan oleh game tersebut.

d. Secara garis besar Game-Based Learning adalah salah satu metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran dan tentunya ini dapat dilakukan tidak dengan kaku melainkan dengan Blended Method, sehingga ada keseimbangan dalam metode pembelajaran konvensional dengan Game-Based Learning.


4. Edumarket Games

Merupakan kombinasi dari advergaming dan edutainment.


5. News Games atau Journalistic games

Sesuai dengan namanya, News atau journalistic yang bisa di artikan dengan berita, maka game ini berarti game yang biasanya mengandung berita atau informasi yang berguna bagi sebagian orang.


6. Simulation Games

Merupakan game atau permainan yang digunakan sebagai contoh ataupun simulasi dari sesuatu yang ingin di sampaikan oleh pembuat game itu sendiri.


7. Persuasive Games

Persuasif bisa di artikan dorongan, berarti game ini merupakan game yang dibuat untuk mendorong atau memotivasi orang yang memainkannya.


8. Organizational-Dynamic Games

Merupakan game yang digunakan dalam sebuah organisasi.



Pengertian Game OnLine

Game Online merupakan fenomena baru yang menarik untuk dikaji lebih jauh. Maka untuk membahas game online lebih jauh, ada baiknya kita memulai dari definisi dan perkembangan game online di Indonesia.

Game online jika diterjemahkan secara bebas adalah permainan online. Kata permainan memiliki arti sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Beberapa permainan ini karena tercipta di masa yang lama berlalu disebut dengan permainan tradisional, sedangkan di sisi lain beberapa permainan yang lebih akhir (dan biasanya menggunakan peralatan yang canggih) disebut permainan modern. Permainan online (bahasa Inggris : online game) adalah jenis permainan video atau permainan komputer dengan menggunakan jaringan komputer, umumnya internet, sebagai medianya. Permainan online terdiri dari dua unsur utama, yaitu server dan client. Server adalah penyedia layanan gaming yang merupakan basis agar client-client yang terhubung dapat memainkan permainan dan melakukan komunikasi dengan baik. Suatu server pada prinsipnya hanya melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client-client. Sedangkan client adalah pengguna permainan dan memakai kemampuan server.



Sumber :

http://forum.unnes.ac.id/index.php?PHPSESSID=rgum85po638f9ld993no6vtmc0b6nm94&topic=558.msg5115#msg5115

http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasar-dasar-teori-permainangame.html

http://carijawabandisini.multiply.com/journal/item/12/Game_Online_Apaan_seh.....

http://thegadget.wordpress.com/2002/08/01/78467145-49-3/

http://dshepurwanti.blogspot.com/2010/02/game-vs-game-online_14.html

http://aprilianz.blogspot.com/2010/02/teknologi-game_13.html