IMPLEMENTASI SOURCE CODE DARI GAME ANIME PUZZLE
Berikut ini merupakan source code untuk menu Form_load, yang berfungsi untuk memulai jalannya aplikasi "Anime Puzzle" ini :
Private Sub Form_Load()
puzzle_pic.Enabled = False
Shapel.Visible = False
puzzle_pic.Enabled = False
Shapel.Visible = False
Source_Pic.Picture = LoadPicture(App.Path& “\puzzle01.jpg”)
call Backgroundmusic
File1.Path = App.Path & “\”
File1.Pattern = “*.jpg;*.gif”
End Sub
call Backgroundmusic
File1.Path = App.Path & “\”
File1.Pattern = “*.jpg;*.gif”
End Sub
Berikut ini merupakan source code untuk Load_Button yang berfungsi untuk memilih gambar dari anime-anime yang ada pada game puzzle ini :
Private Sub Load_Btn_CliCk()
Source_pic.Picture = Load Picture(App.Path &“\” & File1.FileName
Call Size_btn_Click(0)
End Sub
Berikut ini merupakan source code untuk mengatur waktu atau timer yang terdapat pada game puzzle ini :
Private Sub Timer1_Timer()
timecount = timecount + 1
Labell.Caption = “Time Elapsed: ” & timecount
& ” sec”
Labell.Refresh
End Sub
timecount = timecount + 1
Labell.Caption = “Time Elapsed: ” & timecount
& ” sec”
Labell.Refresh
End Sub
Private Sub Timer2_Timer()
ServiceBackgroundMusic “BGM”
End Sub
ServiceBackgroundMusic “BGM”
End Sub
Berikut ini merupakan source code untuk tempat puzzle berada :
Private Sub Puzzle_pic_Click()
Dim mousepoint As pointapi
Dim x As Integer
Dim y As Integer
Dim temp As Integer
GetCursorPos mousepoint
ScreenToClient Puzzle_Main.hwnd, mousepoint
ScreenToClient Puzzle_Main.hwnd, mousepoint
x = Int(mousepoint.x / PieceWidth)
y = Int(mousepoint.y / PieceHeight)
If Has_select = False Then
Shapel.Left = x * PieceWidth
Shapel.Top = y * PieceHeight
Shapel.Visible = True
oldx = x
oldy = y
Has_select = True
y = Int(mousepoint.y / PieceHeight)
If Has_select = False Then
Shapel.Left = x * PieceWidth
Shapel.Top = y * PieceHeight
Shapel.Visible = True
oldx = x
oldy = y
Has_select = True
Else:
temp = block(oldx, oldy)
block(oldx, oldy) = block(x, y)
block(x, y) = temp
Shapel.Visible = False
Has_select = False
display_puzzle
End If
check_correct
temp = block(oldx, oldy)
block(oldx, oldy) = block(x, y)
block(x, y) = temp
Shapel.Visible = False
Has_select = False
display_puzzle
End If
check_correct
End Sub
Source Code diatas merupakan potongan source code yang terdapat pada game anime puzzle yang terdiri dari beberapa elemen :
1. Load_Button
2. Informasi Waktu
3. Tempat puzzle berada
Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin membuat game sejenis ini juga..... ^^