Pages

Subscribe:

Rabu, 17 Maret 2010

Softskill Ke-6 : Game Engine

Pengertian Game Engine

Game Engine adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop, seperti Microsoft Windows,Linux, dan Mac OS X. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( "renderer") untuk 2D atau 3D grafis sebuah mesin fisika  atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, lokalisasi dukungan, dan sebuah adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Dalam kalangan gamer, istilah game engine sudah menjadi salah satu hal yang paling sering di sebutkan. Sebuah game tidak akan menjadi sebuah mahakarya jika tidak ada game engine yang mampu memberikan visual yang menggiurkan. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari  sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Dalam dunia next-gen gaming sekarang ini, game engine menjadi elemen yang sangat penting dalam pengembangan sebuah proyek game. Sebagian gamer mungkin sudah dapat memperkirakan game engine apa saja yang sudah beredar, mulai dari yang terkenal seperti Quake atau Unreal Engine, hingga sampai “proprietary engine” yang sengaja di buat oleh developer khusus untuk game yang sedang mereka kerjakan.
Beberapa game engine yang terbaik untuk generasi next-gen sekarang yang sudah di dapat infonya antara lain :
1.  RAGE ENGINE
Seri GTA Menggunakan engine ini. Tetapi pada seri sebelumnya para developer tidak menggunakan engine dari Rockstar sendiri, tetapi menggunakan Renderware Engine milik Criterion. Namun semenjak dunia gaming memasuki era next-gen, developer Rockstar San Diego akhirnya menciptakan RAGE (Rockstar Advanced Game Engine) Engine, dan menggunakan game engine ini dalam produk-produk game next-gen mereka hingga saat ini.
RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”.

2.  CryENGINE
Hampir seluruh kalangan PC gamer mengenal developer jerman bernama Crytek yang menciptakan CryEngine ini. Sejak pertama kali mereka menciptakan Far Cry, produk ini langsung mendominasi dunia PC gaming sebagai salah satu game dengan kualitas visual grafik paling memukau. Hanya dalam selang waktu tiga tahun lamanya, Crytek membuat CryEngine 2 dan menggunakan game engine ini pada Crysis. Hasilnya mereka berhasil menciptakan sebuah game next-gen yang mempunyai visual grafik paling top dan paling realistik yang pernah muncul di dunia PC game. Crytek juga akan membuat CryEngine 3 yang untuk pertama kalinya akan mendukung versi konsol seperti Xbox 360 dan PS3.

3.  NAUGHTY DOG GAME ENGINE
Meski game engine ini di buat untuk PS3, namun game engine ini langsung menjadi sebuah fenomena ketika pertama kali di tampilkan di even E3 2009 lalu. Sebagai pendatang baru, Naughty Dog Game Engine mampu menampilkan animasi visual yang menawan, karakter model yang mendetail, dan efek suara serta pencahayaan yang luar biasa memukau banyak orang. Game engine ini mampu menampilkan berbagai macam dynamic object sekaligus, dan lebih hebatnya lagi setiap objek mempunyai perhitungan physics tersendiri.

4.  THE DEAD ENGINE
Ketika Dead Space pertama kali di rilis oleh Electronic Arts, game ini langsung mampu memikat banyak kalangan gamer dengan visual grafik dan gameplaynya yang menarik. Sebenarnya yang menamai “The Dead Engine” berasal daru kalangan media dan Fans. Game engine ini awalnya diciptakan developer untuk membuat The Godfather pada tahun 2006. Mereka merombak total game engine tersebut dan menciptakan The Dead Engine ini. Fitur utama engine ini adalah kemampuan untuk menciptakan efek-efek visual dan suara sedemikian rupa hingga mampu menciptakan game yang menarik.

5.  UNREAL ENGINE
Unreal Engine dapat di katakan sebagai salah satu game engine yang paling sering di gunakan dalam generasi sekarang ini. Terutama setelah munculnya Unreal Engine 3, sudah beberapa game yang menggunakan engine ini. Unreal Engine 3 menjadi pilihan yang paling diminati karena kemudahan fitur multiformat-nya. Hingga saat ini engine ini masih di kembangakan oleh developer Epic Games. Unreal engine menjadi solusi game engine yang paling mudah unuk generasi next-gen sekarang ini. Epic Games sedang mengerjakan Unreal Engine 4 yang akan muncul pada tahun 2012.

6.  AVALANCHE ENGINE
Developer Avalanche melakukan perubahan besar-besaran dalam membuat game engine Avalanche 2.0 yang digunakan untuk project game Just Cause 2. Hasilnya mereka berhasil menciptakan sebuah game engine yang tidak hanya menampilkan grafik yang menawan, tetapi juga dapat memadukan berbagai macam mekanisme gameplay secara bersamaan. Mulai dari adegan pertarungan, efek ledakan cuaca physics, sampai dengan A.I Scrypt yang pintar. Game engine ini terkenal sebagai salah satu game engine yang mampu menciptakan sebuah dunia open world yang sangat luas, tidak kalah dengan engine serupa lainnya.

7.  INFINITY WARD ENGINE
Seri Call of Duty menjadi produk terbesar yang pernah di ciptakan oleh developer Infinity Ward. Meskipun pada awalnya Call of Duty berjalan dala engine id Tech 3, namun sejak seri Call of Duty 2, Infinity Ward menciptakan game engine sendiri yang akhirnya di pakai untuk produk Call of Duty mereka sampai sekarang ini. Berita terakhir dari infinity ward mengatakan bahwa Modern Warfare 2 yang akan rilis menjelang akhir tahun 2009 nanti dan menggunakan Infinity Ward Engine 4.0. Gamer yang pernah bermain Call of Duty tentunya sudah langsung tahu seperti apakah kualitas engine ini. Dengan animasi dan visual efek yang menawan, Infinity Ward Engine menjadi salah satu game engine terbaik untuk generasi sekarang ini.

8.  ANVIL ENGINE
Assasin Creed menjadi salah satu game yang langsung populer ketika debut pertama kalinya di perkenalkan pada tahun 2007 yang lalu. Anvil Engine yang sebelumnya bernama Scimintar 2.0 Engine, adalah sebuah game engine yang mampu melakukan proses interaksi antara animasi model dengan lingkungan sekitarnya secara real-time dengan sempurna. Anvil Engine juga mampu memproses A.I Script dalam jumlah banyak yang berada di sebuah ruang lingkup dunia open world. Developer Ubisoft Montreal berusaha untuk meningkatkan lagi kualitas grafik engine ini untuk projek Assasin Creed 2 yang akan datang.

9.  EGO ENGINE
Ego Engine sebelumnya bernama Neon Engine. Game engine ini terbukti berhasil menjadikan seri Colin McRally sebagai salah satu game racing terbaik yang pernah di buat. Sebagai sebuah racing game, Ego Engine mampu memberikan simulasi racing yang sempurna, dan mampu menampilkan visual detail berbagai macam jenis kendaraan yang berbeda secara bersamaan. Tidak hanya itu, Ego Engine juga mempu menciptakan pemandangan yang menawan dan sangat mendetail.

10.      GEO-MOD ENGINE
Ketika Digital Illusion memperkenalkan efek “dynamic destruction” dalam Battlefield Bad Company, banyak kalangan gamer terkesan dengannya. Dan kalangan gamer juga dibuat terkesan ketika game Star Wars : The Force Unleashed memakainya. Namun akhirnya developer Volition lah yang benar-benar memperlihatkan sebuah “dynamic destruction” sesungguhnya dengan Geo-Mod Engine mereka dalam Red Faction : Guerrilla. Tidak hanya sekedar penghancuran saja, Geo-Mod Engine juga mampu melakukan simulasi interaksi antar bangunan yang hancur dengan lingkunagn sekitarnya, termasuk juga respon A.I terhadap objek yang hancur tersebut.

Freeware Engine
Engine ini tersedia untuk penggunaan bebas, namun tanpa kode sumber yang tersedia di bawah lisensi open source. Banyak dari mesin ini adalah produk komersial yang mempunyai edisi gratis tersedia untuk mereka:
a.    Adventure Game Studio
Terutama digunakan untuk mengembangkan orang ketiga pra-dirender permainan petualangan, engine ini adalah salah satu yang paling populer untuk mengembangkan permainan petualangan amatir.
b.    dim3
Freeware 3D mesin javascript untuk Mac (meskipun selesai permainan cross platform).
c.    Game Maker Lite
Permainan berorientasi Obyek development software dengan bahasa scripting maupun drag-and-drop.
d.    MUGEN
Sebuah mesin permainan pertempuran 2D.
e.    Panda3D
(Pers sebelum 28 Mei 2008) yang relatif mudah digunakan didorong python-mesin permainan yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University. Disney menggunakannya untuk menghasilkan beberapa permainan mereka.
f.    Unity
Sebuah terbuka 3D game / mesin perangkat lunak interaktif untuk web, Windows, dan Mac OS X. Upgrade untuk membayar lisensi tambahan dapat mengaktifkan dukungan untuk iPhone dan Nintendo Wii.
g.    Dunia Builder
Mac OS klasik mesin permainan.
h.    Wintermute Engine
A runtime dan pengembangan alat-alat untuk menciptakan 2D dan permainan petualangan 2.5D point'n'click.
i.      RGSS - Sebuah mesin yang dibuat oleh Enterbrain untuk membuat RPG 's menggunakan RPG Maker XP. RGSS2 digunakan untuk RPG Maker VX.

Komersial Engine
1.     Alamo
Mesin yang digunakan dalam Star Wars: Empire at War oleh Petroglyph Games.
2.    ALIVE
Mesin yang digunakan dalam Oddworld: Abe’s Oddysee dan Oddworld: Abe’s Exoddus oleh Oddworld Inhabitants.
3.    Aurora Engine
Untuk Role-playing game.
4.    BigWorld
Server, klien dan pengembangan alat-alat untuk pengembangan MMOG untuk permainan yang berjalan di Windows, Xbox 360,dan PS3.
5.    BRender
A real-time 3D graphics engine untuk game komputer, alat-alat simulasi dan grafik.
6.    C4 Engine
Lintas mesin permainan platform yang dikembangkan oleh Terathon Software.
7.    Cafu Engine
Sebuah mesin permainan dengan alat-alat pengembangan untuk menciptakan multiplayer, cross-platform, real-time 3D game dan aplikasi.
8.    CPAL3D
Complete penciptaan alat permainan dengan adegan editor, IDE dan teks server. Terkenal permainan petualangan, misalnya Memento Mori.
9.    CryEngine, CryEngine 2, CryEngine 3
Permainan mesin digunakan untuk pertama-orang jujur game komputer Far Cry. CryEngine 2 adalah mesin generasi baru yang dikembangkan oleh Crytek untuk menciptakan game FPS Crysis.
10.  DX Studio
Engine dan editing yang memungkinkan pembuatan real-time game dan simulasi.
11.  GameSalad
Sebuah mesin permainan 2D yang saat ini menargetkan iPhone dan Apple Safari Web-plugin yang dikembangkan oleh Gendai Games. Memiliki antarmuka pemrograman visual yang memungkinkan untuk pembangunan cepat.
12.  Gamestudio
Sebuah 2D dan 3D game engine untuk pemula. Menggunakan Gamestudio sistem pengembangan dan lite-C programming language.
13.  Hedgehog Engine
Dibuat oleh Tim Sonic dengan kemampuan render grafis berkualitas tinggi dengan kecepatan tinggi. Pertama kali digunakan dalam Sonic Unleashed.
14.  HeroEngine
3D game engine oleh Simutronics untuk membangun MMOs dalam lingkungan kolaboratif hidup.
15.  Medusa
A C + + mesin game 3D yang dikembangkan oleh Palestar dan digunakan dalam DarkSpace MMO. Dunia itu didistribusikan fitur simulasi, alat kontrol versi tunggal dan aset realisasi, cross-platform kompatibilitas dan terpadu klien / server sistem jaringan.
16.  Odyssey Engine
Digunakan untuk membuat komputer tiga dimensi peran-main-main, digunakan dalam Star Wars: Knights of the Old Republic.
17.  Onyx Engine
Developed by Ubisoft.
18.  PhyreEngine
A cross platform (PC & PS3) mesin grafis dari Sony Computer Entertainment.
19.  Revolution3D
Sebuah mesin grafis 3D yang dikembangkan oleh X-Dream Project.
20. RPG Maker VX
Sebuah 2D mesin untuk membuat top-down dan gaya isometrik role-playing game untuk Windows.
21.  RPG Maker XP
Sebuah 2D mesin untuk membuat top-down dan gaya isometrik role-playing game untuk Windows.
22. RPG Maker 2003
Sebuah 2D mesin untuk membuat top-down dan gaya isometrik role-playing game untuk Windows.
23. RPG Maker 95
Sebuah 2D mesin untuk membuat top-down dan gaya isometrik role-playing game untuk Windows.
24. Shark 3D
A middleware dari Spinor untuk komputer, video game dan aplikasi 3D secara realtime.
25. ShiVa
Sebuah mesin game dengan authoring tool untuk menghasilkan 3d real-time aplikasi untuk Windows, Mac OS X, Linux, dan iPhone.

Membandingkan Macam-macam Game Engine Antara Freeware Game Engine dan Commercial Game Engine

Freeware Game Engine
OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine)
Commercial Game Engine
Adobe Flash (Swift3D)
Kelebihan:    
ù  Engine yang flexible
ù  Object oriented 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif & mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic.
ù  Gambaran abstraknya OGRE meng-gunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyedia-kan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.
ù  OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya sourceforge.net yang berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanga yang sudah ada & dikomersialkan diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008. Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.
ù  OGRE dapat mensuport OIS, SDL, dan CEGUI libraries.
Kelebihan:
ù  Merupakan tool yang simpel, tidak ribet, tinggal drag and drop.
ù  Swift3D mendukung animasi objek 3D.
ù  Animasi dapat diexport ke banyak file, misal avi, flv, swf, swt, dan ai.
ù  Kita dapat memilih jenis rendering yang kita inginkan, yaitu raster (bitmap) dan vector. Jenis gambar raster lebih lama saat me-render, akan tetapi hasilnya lebih bagus. Sedang untuk vector, gambarnya satu warna atau gradasi warna vector (cocok untuk dimasukkan pada animasi vector flash).
ù  Jika kita ingin membuat model yang simpel, maka swift3D bisa digunakan untuk membuatnya.
Kekurangan:
OGRE hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development / simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.
Kekurangan:
ù  Sangat tidak cocok untuk membuat bentuk 3D yang kompleks. Jika ingin membuat bentuk 3D yang komplek kita harus menggunakan 3dsmax atau blender kemudian kita export dalam bentuk 3ds.
ù  Susah untuk membuat animasi sendiri selain dari template animasi dari swift3D.
ù  Kita tidak dapat memberikan efek pada objek, misal efek noise dll.
ù  Jika kita ingin membuat sprite game berisikan animasi, mungkin cocok digunakan swift3D karena mengingat jika kita menggunakan 3D pada flash dengan engine seperti papervision3D, away3D, sandy3D, maka akan bertambah berat.


Sumber :